Kenapa Gue Senang Jadi Introvert


Selamat pagi para ekstrovert dan introvert.
Pada pembahasan posting kali ini, murni adalah pendapat gue tentang introvert.
Gue menulis ini di blog karena menurut gue masih banyak introvert yang merasa kurang dan masih "kalah" dengan orang-orang ekstrovert.

Semoga postingan ini lebih bisa membantu untuk membuat kalian lebih pede lagi.


Bagi orang yang gatau, gue adalah seorang Introvert yang menurut test MBTI, gue adalah seorang ISTJ alias Introvert Sensing Thinking & Judging.

Sebagai introvert, gue memiliki sifat yang rata-rata semua introvert punya yaitu :
1. Lebih suka sendirian 
2. Lebih nyaman melakukan tugas individu
3. Lebih senang berfikir secara mendalam terhadap suatu topik atau permasalahan
4. Sedikit pilih-pilih dalam berteman 

Dan sebagai seorang introvert, banyak orang-orang yang mempertanyakan kenapa gue suka banget sendirian. Beberapa orang, menganggap gue aneh dan mereka rata-rata berfikir "apa asiknya sih sendirian?"

Well, disamping banyak judge dari para manusia tentang "ih-aneh-bange-sih-lo" gue merasa totally fine dengan menjadi seorang introvert.
Dan boleh dibilang, gue malah merasa senang wkwkwk.

Kenapa gue senang.
Well ini dia kira-kira alasannya :

1. Lebih Matang Dalam Merencanakan Sesuatu, Sehingga Pada Saat Ada Hal Buruk Terjadi, Gue Punya Perlindungan atau Persiapan Yang lebih Matang.
Sebagai seorang introvert, gue mengakui, gue lebih banyak menghabiskan waktu untuk berfikir.
"Apa sih yang dipikirin?"
Gue gabisa ngejelasin dengan detail, tapi yang jelas............semuanya. Ya, S-E-M-U-A-N-Y-A.
Gue merencanakan apa yang bakal gue makan buat sarapan, baju apa yang bakal gue pakai hari ini, baju apa yang bakal gue pakai besok, jam berapa gue harus bangun dan mandi, handphone gue kira-kira batre nya bakal abis jam berapa, cuaca hari ini gimana, hari ini kira-kira apa yang bakal gue lakukan, apa yang bakal gue katakan, semuanya.

Ngapain sih mikirin gituan? Ga guna juga kali

Ya..........emang sifatnya introvert begini.
Kalo ga dipikirin, pasti rasanya bakalan ada yang kurang. Kayak ada yang bikin gelisah gue idup wkwk.
Meski sering dibilang kurang kerjaan dan bakal calon stress, nyatanya, gue merasa hal itu lebih bermanfaat ketika gue berada di situasi-situasi terdesak atau diluar dugaan.

Udah janjian bimbingan ama dosen, nyata nya dosen ga masuk misalnya, yaudah gue bakal punya plan B plan C plan D dan mungkin plan Z dengan waktu yang akhirnya nganggur karena batal janjian sama dosen.

Dengan lebih banyak prepare, gue merasa 80% waktu gue yang sering kali tidak sesuai rencana berjalan sama mulusnya karena gue selalu planning.

Apakah gue planner berjalan? Bisa jadi YA

2. Gue Lebih Mencintai, Mengenal dan Mempercayai Diri Gue Sendiri
Sebagai seseorang yang sangat menyukai "Me Time" alias waktu sendirian, gue memiliki teman akrab yang sangat solid dengan diri gue, yaitu = diri sendiri.

Orang yang baca tulisan ini akan bilang dalem hati : dasar jomblo

Haha, iya emang, gue tau deh pikiran lo yang mikir begini emang cuma pacaran doang wkwk.

Seorang introvert lebih memiliki keyakinan diri yang lebih sebenarnya dari seorang ekstrovert. Hal itu dikarenakan dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan berfikir dan mengenal dirinya sendiri.

Gue termasuk begitu.
Gue memutuskan apa yang gue suka, apa yang gue gasuka, apa yang gue harus lakukan dan apa yang sebaiknya tidak gue lakukan.

Gue ga perlu orang lain untuk bilang "Hei, You Can Do It"
Gue ga perlu orang lain untuk bilang "Yuk kita lakukan" apabila gue melakukan sesuatu.

Gue mengerti diri gue sendiri dan seluruh kekuatan untuk percaya pada diri gue sendiri tidak ditentukan orang lain. Apabila gue udah meghendaki gue akan berhasil, gue pasti berhasil. Apabila gue udah menghendaki gue bisa melakukannya, gue bisa melakukannya. No need someone to tell me.

3. Mungkin Teman Sedikit, Tapi Berkualitas
Sebenernya "teman" disini adalah "teman" yang bener-bener bisa good working dengan gue.
Bukan cuma sekedar temen haha hihi, atau temen hangout bareng atau temen gossip apalagi ya wkwk.
Jadi temen, yang bener-bener memiliki misi dan visi yang sama, yang memiliki cara kerja yang hampir sama dan memiliki target dan goal yang sama.
Gue sebenernya punya banyak temen, tapi I have to say, ga semua bener-bener "click" dengan gue.

Gue punya segelintir temen yang bagi gue sejenis dengan gue wkwkw dan mereka biasanya lebih berkualitas dibanding temen yang sekedar "yuk have fun" doang.


Yap, itu tadi adalah 3 Hal kenapa gue senang jadi introvert.
Buat kamu, para introvert yang suka ngerasa insecure, suka ngerasa ga pede, suka ngerasa kalah sama orang lain, stop deh untuk merasa begitu karena gabakal ada orang di dunia ini yang sama. So, be yourself

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Lama Sekali

Mengurangi Food Waste

Jatuh Cinta Sama Temen Sendiri?